Tadarus

Tilawah dan Tadarus Bersama Sesudah
Sholat Dhuha
Tilawah dan Tadarus 

Tilawah Al Qur'an dibiasakan untuk anak lebih mencintai Qur'an sebagai kitab sucinya. target untuk kegiatan ini adalah bisa khatam setiap setahun sekali, jadi dari kelas 4 sampai lulus diharapkan anak-anak mengkhatamkan bacaan Al Qur'an sebanyak 3 kali. Khataman Al Qur'an dilakukan secara bersama-sama oleh kelas 4 sampai kelas 6. 
hmmmmmm,,,,,,,,,,kira-kira apa sih Al Qur'an yang sering kita baca itu???,,,,,mau tahu???yuk kita cari tahu,,,,,,,!!!!!
Apa sih Al Qur'an???
Menurut bahasa, “Qur’an” berarti “bacaan”, Adapun menurut istilah Al-Qur’an berarti: “Kalam Allah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad, yang disampaikan secara mutawatir dan membacanya adalah ibadah”.  Nah sekarang sudah tahu apa itu Al Qur’an.
Bagaiamanakah caranya Al Qur'an diturunkan oleh Alloh kepada nabi Muhammad????
Al Qur'an diturunkan oleh Alloh kepada nabi Muhammad tidak dalam wujud kitab utuh akan tetapi secara berangsur-angsur, berikut adalah cara-cara kitab suci Al Qur'an diturunkan :
  1. Berupa impian yang baik waktu beliau tidur.Kadang-kadang wahyu itu dibawa oleh malaikat Jibril dengan menyerupai bentuk manusia laki-laki, lalu menyampaikan perkataan (firman
    Tilawah dan Tadarus Bersama
    Allah) kepada beliau.
  2. Kadang-kadang malaikat pembawa wahyu itu menampakkan dirinya dalam bentuk yang asli (bentuk malaikat), lalu mewahyukan firman Allah kepada beliau.
  3. Kadang-kadang wahyu itu merupakan bunyi genta. Inilah cara yang paling berat dirasakan beliau.
  4. Kadang-kadang wahyu itu datang tidak dengan perantaraan malaikat, melainkan diterima langsung dari Hadirat Allah sendiri.
  5. Sekali wahyu itu beliau terima di atas langit yang ketujuh langsung dari Hadirat Allah sendiri.

Apa sih keistimewaan Al Qur'an itu???
Mau tahu?????yuk kita simak bacaan di bawah ini???
Membaca Al-Qur’an itu bernilai ibadah. Banyak sekali hadits yang mengungkapkan bahwa membaca Al-Qur’an adalah merupakan bentuk ibadah kepada Allah yang memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah:
“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Allah akan memberi pahala kepadamu karena bacaan itu untuk setiap hurufnya 10 kebajikan. Saya tidak mengatakan kepada kalian bahwa ‘Alif-Laam-Mim’
Alhamdulillah setelah membaca dikit demi sedikit akhirnya
30 juz sudah selesai dibaca dan sekarang Khataman
itu satu huruf, tetapi ‘alif’ satu huruf, ‘Laam’ satu huruf dan ‘Miim’ satu huruf” (HR. Hakim).
“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi cahaya bagimu di bumi dan menjadi simpanan (deposito amal) di langit.” (HR. Ibnu Hibban).
“Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Dan barangsiapa membaca Al-Qur’an, sementara ada kesulitan (dalam membacanya), maka baginya dua pahala. “ (HR. Bukhari & Muslim)

Makan bersama setelah Khataman Al Qur'an
Nahhhhh sekarang sudah tahu apa itu Al-Qur’an, cara Al-Qur’an diturunkan dan keistimewaan Al-Qur’an,,,,,,, jadi sekarang ayo lebih semangat untuk mempelajari dan membacanya,,,,,,,,dan satu lagi Al-Qur’an merupakan way of live atau petunjuk hidup orang islam jadi rugi amat teramat sangat rugi jika kita sebagai seorang muslim tidak bisa membaca Al-Qur’an,,,,,,,,,,yuk kita Tilawah dan tadarus bersama seperti kami di MI Raudlotul Huda Sekaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tikus Pithi

Sejarah